Selasa, 21 Juli 2020

Cara Memberikan Pujian Pada Anak



Setiap orang senang meneriam pujian, tak terkecuali anak-anak. Pujian kepada anak berarti apresiasi terhadap usaha dan prestasi anak. Memberikan pujian juga menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membangun Self Esteem (Harga Diri) anak. Harga diri ini yang akan membuatnya merasa diterima, dicintai dan dilindungi. 

Pujian pun bisa juga menjadi bumerang yang membuat anak takut untuk mencoba hal baru atau mengambil resiko. Peyebabnya karena mereka takut tidak bisa berada di posisi yang membanggakan untuk orang tuanya. 

Perlu diingat bahwa orang tua tidak boleh terlalu berlebihan dalam memberikan pujian pada anak. Jangan sampai pujian yang orang tua berikan akan membuat anak menjadi besar kepala. Terlalu banyak memberikan pujian dikhawatirkan akan membuat anak malas berusaha maksimal. Selain itu, memuji berlebihan juga akan membuat anak Gede Rasa alias GR. 
Setidaknya perhatikan 3 hal berikut dalam memberikan pujian kepada anak : ⁣

1. Puji anak secara spesifik atas usaha atau pencapaiannya ⁣

2. Puji anak dengan tulus bukan basa basi ⁣

3. Puji anak atas prosesnya bukan hasil ⁣

Semoga bermanfaat ya



Untuk informasi dan tips seputar parenting, silakan bergabung di : 

FB Page : Kelas Parenting 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Memberikan Pujian Pada Anak

Setiap orang senang meneriam pujian, tak terkecuali anak-anak. Pujian kepada anak berarti apresiasi terhadap usaha dan prestasi anak. Member...